makalah tentang sampah

Senin, 07 Mei 2012

Pengertian Sampah
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka Sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.
Jenis jenis sampah
Berdasarkan sumbernya
  1. Sampah alam
  2. Sampah manusia
  3. Sampah konsumsi
  4. Sampah nuklir
  5. Sampah industri
  6. Sampah pertambangan
Berdasarkan sifatnya
  1. Sampah organik - dapat diurai (degradable)
  2. Sampah anorganik - tidak terurai (undegradable)
Berdasarkan bentuknya
·         Sampah padat
·         Sampah cair
Bahaya Sampah
Sampai saat ini sampah masih menjadi masalah dalam negara tercinta kita ini, salah satu nya adalah sampah yang paling banyak ada di muka bumi ini yaitu sampah plastik. Karena di anggap lebih praktis , hampir semua aktivitas baik di rumah tangga maupun di tempat perbelanjaan hampir semua nya selalu menggunakan plastik.Padahal sampah plastik ini sangat sulit terurai dan bisa membutuhkan waktu 100-400 tahun lain dengan sampah organik kira-kira yang hanya membutuhkan waktu 1-5 hari. Dan juga apabila sampah plastik kita bakar akan menyebabkan keluar nya zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh kita.
Cara Menanggulangi Sampah
1. Biasakan kalau berbelanja membawa tas dari rumah, simpanlah dengan baik tas itu di rumah agar bisa di gunakan berulang-ulang.

0 komentar:

Posting Komentar

free counters